Bekerja menggunakan Workbook dan Worksheet

Bekerja menggunakan Workbook dan Worksheet

Memahami Workbook dan Worksheet

Bekerja dengan excel selalu berkaitan dengan 2 komponen ini, workbook dan worksheet, dimana semuanya saling berkaitan. Workbook itu sendiri adalah satu file kerja excel yang  digunakan sebagai buku kerja dalam mengolah data excel. sedangkan worksheet adalah halaman kerja excel yang didalamnya terdapat cell sebagai tempat inputan data excel. workbook dan worksheet bisa dianalogikan seperti buku tulis.

Keseluruhan Buku = workbook.

Halaman = worksheet.

Bekerja menggunakan Workbook

Membuat workbook baru pada excel 2013

  1. Buka program excel 2013 : pertama kali excel terbuka halaman awal adalah recent workbook.
  2. Pilih blank workbook
  3. Membuat workbook baru dapat menggunakan shorcut CTRL+N

Bekerja menggunakan Worksheet

Secara default microsoft excel sudah menyediakan 3 worksheet yang dapat kita gunakan sebagai lembar kerja. dengan nama sheet1, sheet2, sheet3 dengan maksimum halaman yang dapat ditambahkan adalah 255 halaman. nantinya kita dapat tambahkan, edit, atau move or copy sesuai kebutuhan.

Menambahkan worksheet

menambahkan lembar kerja excel digunakan ketika kita bekerja dengan banyak tabel dan data. menambahkan worksheet bisa dilakukan dengan klik tombol Plus pada samping kanan worksheet.

addworksheet

Edit nama worksheet

Kita dapat gunakan edit nama workshhets untuk memberikan nama halaman kerja, misalnya diganti menjadi nama bulan. edit nama bisa dilakukan dengan cara double klik nama worksheet atau klik kanan pada nama worksheet kemudian pilih rename.

renameworksheet

 

renameworksheet1

 

 

 

 

 

Move or copy Worksheet  

Fitur ini digunakan ketika anda akan membuat salinan atau memindahkan data yang ingin direferensikan ke workbook yang lain. cara menggunakannya adalah sebagai berikut.

moveworksheet

moveorcopy

 

 

 

 

 

 

  1. Klik kanan pada nama halaman (sheet1)
  2. Pilih Move or copy
  3. Pada dialog move or copy terdapat 3 pilihan. pilih sesuai kebutuhan dengan keterangan dibawah.
  4. klik OK

To book :   Workbook tujuan hasil move or copy (Bisa deda file) pilih workbook tujuan dengan dropdown.

Before Sheet : Menempatkan hasil copy sebelum nama worksheet tujuan.

Create a copy : Worksheet akan dicopy/disalin

catatan : jika create a copy tidak di check, maka worksheet akan dipindahkan. jika create a copy di check, maka worksheet akan diduplikasi lalu dipindahkan atau di Cut. 

  • Delete worksheet berfungsi untuk mengahapus halaman kerja yang sudah tidak terpakai, untuk menghapus dapat digunakan Klik kanan kemudian pilih Delete.
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *