Fill Justify Excel: Menggabungkan Baris Data Menjadi 1 Cell

Fill Justify Excel: Menggabungkan Baris Data Menjadi 1 Cell

Fitur Fill Justify pada Excel bisa Anda gunakan untuk menggabungkan banyak baris data menjadi 1 cell tanpa menggunakan Rumus.

Cara Menggunakan Fill Justify Excel

Cara menggunakan fitur Fill Justify Excel cukup mudah. Misalnya, Saya memiliki data nama pengirim beserta alamat yang terpisah dalam 4 cell seperti gambar berikut:

Lihat, Excel secara otomatis memasukkan nilai pada Cell A4, A5 dan A6 ke dalam cell A3. Selain itu, Excel juga menyisipkan 1x spasi untuk memisahkan isi dari gabungan cell pada cell A3.

Dengan ini, data yang terpisah dari setiap cell sudah tergabung menjadi 1 cell tanpa menghapus nilai dari setiap cell.

Jika menurut Anda kolom A (saat ini) terlalu lebar, Anda bisa menggunakan fitur Wrap Text untuk memisahkan data menjadi beberapa baris namun masih didalam baris yang sama. Kemudian atur kembali lebar kolom dan baris sesuai keinginan.

Atau, Anda juga bisa menggunakan fitur Line Break dari Wrap Text untuk memisahkan setiap data menjadi beberapa baris dan tetap berada dalam 1 cell yang sama seperti gambar berikut:

Penting! Silahkan pelajari selengkapnya tentang fitur Wrap Text pada Panduan Wrap Text Excel.

Sekarang data Anda terlihat jauh lebih menarik. Anda juga bisa menggunakan cell ini ke dalam argument setiap Rumus Excel.

Syarat Fill Justify Excel

Pada dasarnya, Fitur Fill Justify Excel juga memiliki keterbatasan seperti berikut:

  1. Fill Justify hanya bisa menggabungkan data dengan format Text (bukan angka atau tanggal valid)
  2. Anda hanya bisa menggabungkan data dari banyak dengan dengan jumlah karakter maksimal 255 karakter. Apabila terdapat lebih dari 255 karakter, maka karakter yang ke 256 dan seterusnya akan terpisah pada baris berikutnya.
  3. Atur lebar kolom sebelum menggunakan fitur Fill Justify. Kemudian Anda bisa menggunakan Wrap Text jika perlu. Apabila lebar kolom tidak cukup menampung isi semua karakter, maka Excel tidak akan menggabungkannya ke dalam 1 cell. Seperti gambar berikut:

Namun, jika lebar kolom cukup, Anda bisa mendapatkan hasil seperti contoh sebelumnya.

Note: Jika fitur Fill Justify tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, silahkan gunakan beberapa Alternatif menggabungkan data berikut:

Alternatif Fill Justify Excel

#1 Merge and Center

Merger and Center bisa Anda gunakan untuk menggabungkan banyak cell menjadi 1, namun fitur ini akan menghapus data pada cell lainnya (kecuali cell yang dipilih pertama kali).

Penting! Jika ini tujuan Anda, silahkan kunjungi Panduan Merge and Center.

#2 Rumus CONCATENATE dan Ampersand (&)

Rumus CONCATENATE dan Ampersand (&) juga dapat Anda gunakan untuk menggabungkan data dari banyak cell menjadi 1 cell.

Penting! Untuk menggunakan rumus CONCATENATE dan Ampersand (&), Anda harus memahami aturan penulisannya terlebih dahulu. Selengkapnya pada Panduan Fungsi CONCATENATE Excel.

#3 Rumus TEXTJOIN

Jika Anda menggunakan Excel versi 2019 keatas, silahkan gunakan Fungsi TEXTJOIN untuk menggabungkan data dari banyak cell.

Penting! Fungsi ini mampu menyelesaikan penggabungan data yang sangat kompleks sekalipun. Misalnya penggabungan data menggunakan Syarat. Selengkapnya kunjungi Panduan TEXTJOIN Excel.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *