Terkadang ketika Anda terburu-buru atau di kejar Deadline, Anda lupa save (menyimpan) file Excel. Pada panduan AutoRecover ini, Saya akan menunjukkan cara mengembalikan File Excel yang lupa Anda save (simpan).
Sebenarnya, Microsoft Excel secara berkala menyimpan file Excel Anda ke dalam suatu folder.
Table of Contents
Mengembalikan File Excel Yang Lupa Anda Save Karena Crash
Crash dalam artian, aplikasi Excel mendadak close sendiri. Atau ketika Anda mengolah data menggunakan Excel, tiba-tiba komputer / laptop Anda mati sendiri.
Jika ini yang Anda alami, Anda tidak perlu khawatir. Karena selama Anda membuka Aplikasi Excel, secara berkala Excel akan menyimpan salinan File Anda.
Yang perlu Anda lakukan buka kembali Aplikasi Excel. Kemudian Excel akan menampilkan Document Recovery Pane seperti gambar berikut:
Silahkan klik Show Recovered Files untuk melihat simpanan otomatis dari File Excel Anda sebelum Aplikasi Excel Crash. Terkadang, Excel memiliki banyak versi dari File Anda.
Anda bisa memilih untuk membuka Recovered File mana. Pada setiap file Recovered, tertera tanggal dan jam file tersebut disave seperti gambar berikut:
Mengembalikan File Excel yang Belum Pernah Anda Simpan
Jika Anda baru saja membuat File Excel dan tidak sengaja klik Don’t Save ketika Close aplikasi Excel atau Excel Crash seperti kasus sebelumnya, silahkan ikuti tips-tips berikut untuk mengembalikannya:
- Pertama, Buka WorkBook kosong, kemudian Klik Tab File.
- Kedua, klik Info, kemudian Klik Manage Versions.
- Ketiga, Klik Recover Unsaved WorkBooks. Kemudian Window Open Excel akan terbuka seperti gambar berikut:
- Keempat, silahkan pilih Versi Terakhir yang tersimpan.
- Terakhir, klik Open untuk membukanya.
Mengembalikan File yang Sudah Pernah Anda Save
Jika File Excel sudah pernah Anda Save sebelumnya, kemudian Anda merubah isinya dan lupa menyimpan perubahan. Silahkan ikuti cara berikut untuk mengembalikan ke versi perubahan terbaru:
- Pertama, buka File Excel Anda yang sudah pernah disimpan sebelumnya. Kemudian Klik Tab File.
- Kedua, Klik Info. Pada bagian Versions (dalam versi lain bernama Manage WorkBook), Excel akan memberitahu Anda File versi terakhir yang lupa Anda simpan. Silahkan klik versi tersebut untuk membukanya.
Mengatur AutoSave untuk Mencegah Anda Lupa Save File Excel
Untuk mencegah lupa save file Excel, silahkan Anda ikut tahap-tahap berikut untuk setting AutoSave:
- Pertama, buka Aplikasi Excel, kemudian klik Tab File.
- Kedua, Klik Options, kemudian Window Option Excel akan terbuka seperti gambar berikut:
- Ketiga, Klik Menu Save, kemudian silahkan centang AutoSave dan atur periode autosave sesuai keinginan Anda. Dalam contoh ini, Saya atur menjadi 1 menit.
- Terakhir, klik Ok untuk menyimpan pengaturan.
Dengan cara ini, Anda bisa mengembalikan file Excel yang lupa Anda simpan di kemudian hari. Saya harap kemudian hari Anda tidak lupa menyimpan File Excel baru maupun File lama yang Anda Edit.