Cara Mengurutkan Data Dengan Fitur Sort & Filter Dalam Microsoft Excel – Sort & Filter merupakan satu dari beberapa fitur yang dimiliki oleh Microsoft Excel.
Fitur sort & Filter ini digunakan jika kita ingin memberikan urutan pada teks dimulai dari a sampai z atau sebaliknya.
Pemberian ranking ini dapat dilakukan dengan menggunakan fitur sort & filter dan dapat juga secara otomatis dengan rumus excel.
Table of Contents
Cara Menggunakan Fitur Sort & Filter
Sort & Filter berada dalam menu atau Tab Data dalam Excel. Sebelum menggunakan fitur ini tentu kita harus mengenal fungsinya terlebih dahulu.
Sama dengan Data validation fitur inipun berada dalam Tab Data, sehingga untuk Anda yang sebelumnya telah mempelajari fitur Data validation tidak akan kesulitan menemukan fitur ini.
Cara Membuka dan Fungsi Sort & Filter
Untuk membuka fitur ini silahkan klik Tab Data kemudian cari dan temukan menu Sort & Filter tersebut.
Ada 4 menu utama dama fitur ini yaitu Sort A to Z, Sort Z to A, Sort dan Filter. Masing – masing fitur ini mempunyai fungsi yang berbeda.
– Sort A to Z
Dalam Office 2007 fitur ini digambarkan dengan huruf A dan Z dengan tanda panah ke bawah.
Ini digunakan jika kita akan mengurutkan data dengan range atau kolom utama yang akan diurutkan ada pada tabel paling kiri.
Jika ini diklik maka otomatis data akan diurutkan dari A ke Z atau untuk angka dari yang terkecil ke yang terbesar.
– Sort Z to A
Fitur ini digambarkan dengan huruf A dan Z dengan tanda panah ke atas, hampir sama dengan Sort A to Z tapi bedanya ini akan mengurutkan data dari Z ke A atau untuk angka dari yang terbesar ke yang terkecil.
– Sort
Fitur ini digunakan jika data dasar yang akan diurutkan berada ditengah tabel atau diakhir tabel sebelah kanan.
Tentu untuk kondisi ini tidak mungkin diurutan dengan A to Z atau Z to A karena urutan akan diambil dari kolom dari tabel paling sebelah kiri.
– Filter
Fitur ini digunakan untuk membuat filter pada data yang sedang kita oleh, misalnya kita hanya akan menampilkan data tertentu dan menyembunyikan data lainnya maka fitur ini bisa digunakan.
Khusus untuk filter saya akan bahas dalam artikel yang lain.
Setelah memahami fungsi dari masing – masing fitur ini maka selanjutnya kita akan lihat cara penggunaannya dalam Excel.
Contoh Penggunaan Fitur Sort & Filter
Untuk menggunakan fitur ini dengan posisi tabel dasar yang akan diurutkan berada pada kolom paling kiri maka lakukan langkah – langkah sebagai berikut :
– Pilih / blok seluruh tabel atau range yang akan diurutkan
– Klik Tab Data
– Terakhir klik A to Z atau Z to A
Bagaimana jika data yang akan diurutkan kolom atau rangenya berada ditengah atau sebelah kanan ?
Perhatikan gambar dibawah ini :